Posted by : Eleven Social One Jumat, 05 April 2013

Ada enam jenis olahraga yang sangat bermanfaat dalam peningkatan kesehatan dan memperpanjang umur. Tapi penting diingat, aktivitas fisik ini hanya menambah kemungkinan harapan hidup manusia dari segi medis, tidak serta merta menjamin Anda berumur panjang, karena umur dan hidup manusia tetap berada di tangan Tuhan. Hanya saja dengan aktif secara fisik, otomatis tubuh juga jadi sehat dan lebih mudah menjalankan aktivitas sehari-hari.

1. Naik-turun Tangga
Sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menemukan bahwa orang yang memilih naik tangga daripada lift, risiko meninggal dalam usia muda berkurang hingga 15 persen. Data dari Harvard Alumni Health Study juga menemukan, menaiki 35 anak tangga atau lebih dalam seminggu, harapan hidupnya secara signifikan lebih lama dibandingkan orang yang hanya naik 10 anak tangga per minggunya.

2. Bersepeda
Sering-seringlah bersepeda dan kayuh sepeda Anda dengan cepat! Sebuah studi yang dilakukan pada para pesepeda di Copenhagen, Denmark menemukan bahwa pria yang mengayuh sepedanya dengan cepat hidup lima tahun lebih lama daripada yang bersepeda santai. Bagi wanita, 'ngebut' bersepeda bisa hidup hingga empat tahun lebih lama.

3. Berenang
Hasil analisa data dari Aerobics Center Longitudinal Study menemukan bahwa orang yang renang secara rutin risiko kematian mendadaknya 50 persen lebih kecil dibandingkan yang tidak aktif secara fisik.

4. Jalan Cepat
Pada 2011, sebuah studi menemukan bahwa orang yang terbiasa berjalan cepat 1 meter/detik, sekitar 2,25 mil per jam, hidup lebih lama dibandingkan pejalan kaki yang lamban. Tapi jalan cepat juga harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan tubuh. Jalan cepat anak muda tentunya berbeda dengan jalan cepat orang yang sudah paruh baya. Jangan memaksakan jalan secepat-cepatnya demi untuk panjang umur.

5. Latihan Kardiovaskular
Olahraga yang memacu detak jantung seperti aerobik, berjalan, berlari atau mengayuh sepeda dengan cepat bisa bantu memperpanjang usia lebih lama. Lima hari mengikuti program jalan santai selama 30 menit, menambah usia 1,3 sampai 1,5 tahun.

6. Jogging
Sebuah studi melansir bahwa jogging bisa meningkatkan harapan hidup. Para peneliti dari Copenhagen City Heart Study menemukan bahwa jogging selama 1 sampai 2,5 jam per minggu bisa menambah usia hingga 6,2 tahun untuk pria dan 5,6 tahun untuk wanita. Para ahli pun merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan olahraga berintensitas rendah lainnya selama 2,5 jam dalam tiga sesi, ditambah dua hari atau lebih latihan kekuatan per minggunya.
sumber

Salam, XI IPS 1 SMA Negeri 1 Geger

Kunjungi juga WEB Sekolah kami!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Today

Followers

Viewer

- Copyright © Eleven Social One -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -